Comments

Thursday, August 30, 2012

Affiliasi adalah

Posted by at 6:33 PM Read our previous post
Dunia e-business menjadi salah satu trend unutk mencari tambahan penghasilan. Ada banyak jenis bisnis melalui internet. Misalnya advertising atau iklan, jual beli online, subscribe atau langganan, makelar, investasi, trading , dan lain lain. Semua jenis bisnis tersebut merupakan bisnis yang menggiurkan, karena memang dapat menghasilkan profit atau keuntungan jika dijalankan dengan benar dan sungguh – sungguh.

Sekian banyak bisnis tersebut pastinya harus dijalankan dengan optimal, terutama pada proses teknik pemasarannya. Salah satu yang banyak digunakan adalah metode referral atau affiliasi. Bias dibilang hamper mirip dengan multi level marketing, tetapi pada program ini kita tidak memaksa orang lain untuk mengikuti kita sebagai pelaku referral atau affiliasi.

I. Sistem Affiliasi - Refferal

Apa itu referral dan affiliasi ? pada prinsipnya sama. Yaitu suatu aktifitas menawarkan dan menjualkan produk dan atau jasa milik orang lain. Nah keuntungan didapatkan dari komisi karena kita telah membantu menawarkan dan menjualkan produk – jasa.

Banyak pekau bisnis melakukan sistem referral – affiliasi karena metode tersebut saat ini masih paling mudah dilakukan dalam rangka meningkatkan penjualannya. Maksud dari penjualan ini tidak hanya sebatas pada penjualan produk atau jasa, namun juga penjualan yang lain misalnya promosi website, peningkatan rank suatu website, popularitas, dan lain lain.

II. Bagaimana metode referral – affiliasi bekerja

Ada dua sisi dari sistem ini, yaitu dari sisi pemilik produk – jasa dan orang yang melakukan penawaran dan penjualan produk – jasa.

  • Pemilik produk dan jasa­


Untuk menjalankan metode ini suatu pelaku bisnis harus meiliki website dilengkapi fasilitas pendaftaran anggota. Jelas anggota menjadi senjata utama dalam metode ini.

Gambaran umum cara kerja sistem :

  1. Calon anggota mendaftar pada website, kemudian aktifasi

  2. Setelah aktif anggota mendapatkan link referral / link affliliasi.


link referral / link affliliasi tersebut yang nantinya digunakan anggota untuk menyebarkan produk – jasa.

  • Ketika iklan tersebut di klik atau orang lain membeli produk – jasa dari link referral / link affliliasi tersebut maka kita sebagai pemilik memberikan komisi kepada anggota, karena telah membantu dalam penjualan.


Anggota biasanya tidak melelayani jual beli tersebut, yang melayani adalah pemilik produk dan jasa, karena link yang dituju mengarah ke website induk pemilik produk dan jasa.

Cara – cara untuk menjalankan metode referral – affiliasi adalah dengan iklan. Iklan masih menjadi cara terbanyak yang dilakukan, karena sangat mudah. Mudah dibuat oleh system pemilik produk dan jasa, dan mudah dalam pemasangannya oleh anggota. Iklan dapat berupa gambar, tulisan, kombinasi gambar tulisan, atau detail suatu prosuk – jasa. Tergantung bagaimana scrpipt atau kodenya.

Kelebihan :

  1. produk dan jasa terjual lebih cepat

  2. keuntungan lebih besar karena Produk dan jasa terjual lebih cepat

  3. SEO, meningkatkan rangking websitem karena link banyak tersebar

  4. Ketika website memiliki rangking tinggi, maka banyak yang ingin memasang iklan di website kita, dari situ bias diambil keuntungan pada biaya pasang iklan.


Kekurangan :

  1. sistem harus canggih, bersifat took online, memiliki fasilitas pendaftaran anggota, membuat link referral / link affiliasi untuk anggota secara otomatis, memberikan bonus komisi kepada anggota yang iklannya laku.

  2. pemilik harus memberikan bonus kepada anggota. Bonus tidak harus berbentuk uang, bias kupon, hadiah barang, dll.


 

  • Anggota


Untuk menjalankan metode referral affiliasi, seseorang harus mempunyai website atau blog, karena media tersebut yang digunakan untuk meyebarkan link referral / link affiliasi.

Gambaran umum :

  1. mendaftar pada suatu website penyedia affiliasi / referral

  2. mendapatkan link referral / link affiliasi

  3. memasang link referral / link affiliasi

  4. melakukan optimasi

  5. mendapatkan komisi jika iklan laku


Kelebihan :

  1. mudah pemasangan iklan

  2. tidak melayani jual beli

  3. mendapatkan penghasilan hanya dengan memasang iklan


Kekurangan :

  1. selektif dalam meilih program affiliasi dan refferal

  2. optimasi website atau blog, dan harus cerdik dalam pemasangan iklan, misalnya tata letak, tema, dan lain lain.


 

III. Metode Pembayaran

Dalam referral atau affiliasi ada 2 metode pembayaran, yaitu :

  • E-cash


E-cash adalah pembayaran yang dilakukan dengan memberikan nominal kepada anggota pada setiap akunnya. Kemudian nominal tersebut dapat di transfer ke rekening masing masing. Biasanya ada minimal nominal dalam pengambilan.

  • Kupon


Prinsipnya sama dengan e-cash, tetapi kupon tidak ditransfer ke rekening, melainkan kupon tersebut digunakan untuk membeli langsung barang – barang yang ada di dalam induk referral atau affiliasi. Kemudian barang tersebut di kirim ke alamat anggota masing – masing.

IV. Contoh Penerapan Affiliasi - Refferal

Penerapan program affiliasi refferal dalam dunia e-business yang paling banyak diminati adalah Amazon. Situsnya adalah http://www.amazon.com.

Situs wikipedia menjelaskan bahwa Amazon.com adalah toko daring yang menjual buku, film, permainan, DVD, CD musik, perangkat lunak komputer, dan barang-barang lainnya. Amazon.com merupakan toko online terbesar untuk saat ini. Didirikan pada Mei 1994 di Manhattan oleh Jeff Bezos, seorang pekerja di D.E. Shaw.

Situs program affiliasi Amazon : https://affiliate-program.amazon.com

3 comments:

  1. Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


    Poker Uang Asli
    Agen Poker
    Agen poker online

    ReplyDelete
  2. Cerita Cinta
    Nonton Bokep

    Intip juga beberapa Link Alternatif di bawah ini :

    Bokep Online
    Video Dewasa
    Video Mesum
    Bokep Mesum
    ABG Seksi

    Nyari BO Poker Aman da nterpercaya ? Klik disini
    Situs Poker Online
    Bandar Bola Terbaik

    Atau Chat Customer Service kami di :
    BambuPoker
    Bambubet
    https://www.intipkuy.com/

    Terimakasih , Salam Admin Khalessi

    ReplyDelete

©2012 How To For is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template