Comments

Sunday, September 23, 2012

Cara Mengembalikan Grub Ubuntu

Posted by at 7:20 AM Read our previous post


Cara Mengembalikan Grub Ubuntu / Linux merupakan cara untuk mengembalikan daftar Grub Sistem Operasi , biasanya lebih dari sati Sistem Operasi, yang hilang. Terjadi jika misalnya ketika Linux diinstal lebih dulu, kemudian Windows, hal tersebut menyebabkan Grub yang dimiliki linux tertimpa windows dan tidak bisa terbaca.

Berikut ini Cara Mengembalikan Grub Ubuntu / Linux.

Cara Mengembalikan Grub Ubuntu / Linux (Cara 1)

  1. Boot menggunakan live CD / DVD / USB Flashdisk yang sudah terisi Live Boot Linux, sebaiknya sesuaikan versinya dengan versi linux ubuntu yang akan dikembalikan grubnya.

  2. Setelah berhasil boot, silahkan masuk ke dalam nautilus (explorer). Masuk ke dalam partsis dimana ubuntu terinstall. Kemudian tekan keyboard Ctrl+L. Didalam address bar terdapat kode partisi. Biasanya seperti ini : /media/2948703bv982nu2vb (contoh saja) . Copy kode tersebut.

  3. Buka terminal, ketikkan perintah ini : sudo grub-install --root-directory=/media/2948703bv982nu2vb/ /dev/sda/  , kemudian tekan enter. Grub akan terinstal. Jika ada laporan install sukses dan no reported error maka berhasil. Silahkan restart komputer / laptop Anda. Kode /media/2948703bv982nu2vb merupakan kode partisi yang didapatkan pada urutan nomer 2.


Cara Mengembalikan Grub Ubuntu / Linux (Cara 2)

  1. Boot menggunakan live CD / DVD / USB Flashdisk yang sudah terisi Live Boot Linux, sebaiknya sesuaikan versinya dengan versi linux ubuntu yang akan dikembalikan grubnya.

  2. Buka terminal , dan cek keberadaan partisi linux / ubuntu berada. Dengan cara mengetik perintah sudo fdisk -l

  3. Kemudian ketikan perintah ini : sudo mkdir /mnt/sda6/
    sudo mount /dev/sda6/ /mnt/sda6/
    sudo grub-install --root-directory=/mnt/sda6/ /dev/sda

  4. Grub akan terinstal. Jika ada laporan install sukses dan no reported error maka berhasil. Silahkan restart komputer / laptop Anda.


Cara Mengembalikan Grub Ubuntu, semoga bermanfaat.

 

 

6 comments:

©2012 How To For is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template